Protonica tv : RepairTv PCB tv China Searching problem

RepairTv PCB tv China Searching problem
Trouble shooting:
Gejala: Tidak ada siaran.Tv China ini menggunakan LA78610A MCU LC863532C, dan Tuner Longsign CWC-5052-V8.
lngkah pertama yg saya lakukan adalah dengan mencoba untuk mencari ssiaran menggunaka auto search..
ternya ta tidak mampu menangkap siaran, begitu juga dengan menggunakan yang manual, sudah barang tentu hasilnya sama, namun dari sini dapat dilihat blok mana yg sebenarnya bermasalah, karena sinyal tersebut sekilas kadang keluar, hanya saja tidak mampu tertangkap memory.

Refrensi:
jika gejalanya seperti itu cobalah dengan langkah fine tuning, atau pencarian dengan penala halus biasanya Chanel berhasil dimemori, tetapi gambar kurang bagus (tidak pas)
Pengalaman selama selama ini - problem “gagal auto search” dapat disebabkan data Menu factory pada item “VIF System SW” yang seharusnya “1” berubah ke “0” (artinya adalah 0=38Mhz dan 1 =38,9Mhz). saya cek nilainya ternyata benar.
Kami cek tegangan AFT saat berlangsung auto search. Pada pesawat normal, saat auto search berlangsung jika tegangan pada pin AFT-out diukur - maka tegangan akan berayun naik hingga mendekati 5v dan turun mendekati 1v setiap kali sinyal chanel diterima. Hasilnya ternyata pada chanel yang lewat tegangan AFT berayun turun hanya sampai 2.5v. kecurigaan saya jatuh pada sirkit dan komponen-komponen yang berhubungan dengan bagian IF - terutama bagian AFT saya coba lakukan memutar coil AFT tidak berhasil, hingga saya memutuskan mengganti coil detektor 38,9.. tetap nihil. selanjutnya Pemeriksaaan nilai-nilai kapasitor, resistor pada rangkaian blok IF dan AFT semua dalam keadaan baik.
saya coba mengganti Tuner dan LA76810A tetap tidak membuahkan hasil.
Tivi ini memang sebelumnya telah lebih dulu diservice oleh orang lain, kemudian saya baru curiga pada “SAW filter” dengan part no lain yaitu L38.9C yang seharusnya menggunakan no F3826C dgn frekwensi center 38Mhz. setelah saya ganti dgn yang sesuai.,,kemudian saya melakukan seaching automatic, dan bersyukur siaran dapat ditangkap, hanya saja kurang tepat gambar yang didapat, maka langkah kemudian mengulang dengan memutar koil Aft hingga sinyal dapat diterima dengan baik.

Kesimpulan:
kemungkinan besar awalnya adalah karena ada pergeseran gelombang AFT Pada frekwensi Tuner IF-output, kemudian karena pemutaran koil gagal, maka mengganti SAW filter(yg part nomornya bukan seharusnya) dan merubah data Menu VIF system sw,
Di Indonesia teve kebanyakan didapati menggunakan 38.9 dan kadang dijumpai menggunakan 38Mhz.
Kalau tidak sesuai kemungkinan dapat menyebabkan : problem auto search, warna hilang atau siara desis.

semoga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Followers