KEBOCORAN PADA TEGANGAN TINGGI

Kebocoran tegangan pada televise dapat dilihat dengantimbulnya cahaya biru pada pangkal kabel penghubung tegangan anoda atau pada ujung tudung anoda, sehingga timbul suara desisan dan bau Gas Ozon. Biasanya tampilan gambar akan timbul nois bintik yang tidak focus.
Metoda pengecekan.
Perhatikan, apakah kebocoran terletak pada kop tudung anoda (kaskoda), atau terlihat pada pangkal kabel tegangan tingginya.
Jka terletak pada ujung tudung anoda kemungkinan kawat/plat penghubung terjadi korosi atau karat.
Lepaskan tudung tersebut dengan terlebih dahulu membuang sisa tegangan, biasanya pada kasus ini sisa tegangan tinggal sedikit. Gunakan Obeng Atau salah satu kabel PROB AVO. Kemudian ujung lainnya dihubungkan ke kawat body pada CRT ( bukan GND pada sasis PCB) dan ujung lainnya dimasukkan kedalam tudung anoda.



Hati – hati melakukannya, karena jika masih ada sisa tegangan maka akan membuat kejut listrik.
Refrensi:
Sebaiknya ganti kawat tersebut dengan yang masih layak pakai ( belum Karat ). Kemudian bersihkan lobang anoda pada tabung CRT.
Jika terjadi kebocoran pada pangkal kabel Tegangan Tinggi, sebaiknya ganti FBT tersebut, karena kebocoran pada kasus seperti ini diakibatkan Dioda HV pada FBT sudah mengalami kebocoran, kemungkinan juga Gulungan kawat didalam FBT sudah ada yang rusak, maka tidak disarankan untuk menampal/hanya menutup dengan isolasi.
Selamat bekerja.

No comments:

Post a Comment

Followers