Televisi Kontras Gambar Rendah

Trouble shooting:
Meskipun tombol kontras (menu) dinaikkan level kontrasnya, tetap tidak menunjukkan adanya reaksi perubahan kontras:
Sebab gangguan:
Umumnya akibat kerusakan pada rangkaian mixer hingga ke penguat Vidio.
Yaitu pada rangkaian IF video dan AGC. Perlu diketahui, walaupun bagian IF tidak rusak, namun apabila bagian AGC mengalami kerusakan, maka gain penguatan pada iF video menjadi rendah sehingga kontras menjadi rendah.
Pencarian Gangguan:
Rangkaian IF dan rangkaian AGC pada televise model sekarang, kebanyakan berada pada IC chroma, atau kadang juga ada yang terpisah, seperti pada model SHARP tabung cembung. Kerusakan sering dijumpai pada R yang terhubung pada IC bagian IF dan Dioda penghubung serta Zenner dari penguat control ic Program.
Periksalah tegangan pada elektroda Ic chroma dimana tingkat penguatannnya menjadi rendah, bukan pada tingkat yang tidak bekerja.
Tegangan normalnya dapat dilihat dari karakter IC ( ini perlu memiliki skema IC tersebut).
Pilih menu contras pada remote dan jalankan.. apakah pada titik pin IC ada tegangan yang berubah?..
Jika ya, maka kerusakan ada pada IC chroma. Namun jika tidak ada perubahan saat menu control dinaikkan , kemungkinan terletak pada jalur penguat control pada Oscilator Program. Urutkan jalur pada komponen yang menghubung pada IC Chroma,R, Dioda control.
Refrensi:
Untuk kasus yang saya alami pada televisi merk NEC.., kerusakan ditemukan pada Dioda control, ganti diode tersebut dengan IN 4148 kasus ini akan berbeda jika televisi pernah mengalami radiasi elektrik pada bag ic Program.
Maka anda perlu mengganti IC Program atau EEPROM.

No comments:

Post a Comment

Followers