Televisi rusak Gambar Gelap

Gejala : raster tidak menyala terang meskipun tombol kuat cahaya diputar kekanan pada posisi maksimum.
Analisa Sebab
1) Tegangan anoda CRT terlalu rendah akibat kerusakan pada rangkaian tegangan tinggi,pada rangkaian defleksi horizontal atau pada rangkaian pencatu daya,
2) Semua Katoda CRT tegangannya menjadi lebih besar karena gangguan pada penguat video,Pada pengatur kuat cahaya atau pada rangkaian pembatas.
3) Tegangan kisi no.2 CRT terlalu randahkarena adanya gangguan pada rangkaian.
Metoda Pengecekan
Kesimpulannya ialah bahwa untuk gangguan semacam itu perlu di periksa Tegangan pada tiap elektroda CTR, maka dengan pemeriksaan tegangan secara berurutan pada tiap titik seperti Gbr.9.12 akan memudahkan menemukan rangkaian yang rusak.Agak sukar mencari kerusakan tanpa mengetahui tagangan normalnya.Perlu perbandingan antara tegangan yang di periksa dengan harga tegangan normal yang tercantum pada petunjuk Service atau Skema Rangkaian
Tingkat pemeriksaan pada teg regulator untuk umpan penembak katoda RGB rata – rata 180v C250v/22mf, kemudian pada rangkaian penguat video, brightness, screen: tegangan pada kisi
G2 hingga pemeriksaan pada tegangan ANODA dengan kisaran rata-rata 24v.

(A). Metoda pemeriksaan tegangan pada elektroda CRT:

Mudah untuk memeriksa tegangan katoda,kisi no. 1 dan tegangan kisi no. 2 Bila terminal soket CRT yang di periksa tersambung dengan papan tercetak (Printed board).
Perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :
1.Apakah tegangan katoda di atas normal ?
2.Apakah tegangan kisi no.1 dan no.2 di bawah normal ?
Kerusakan yang sering terjadi adalah tegangan umpan untuk penguat video dari reg +Bv antara 8 sampai 12volt (tergantung skema yg diberikan). di bagian resistor, diode zener dan elco.

(B) Metoda memeriksa rangkaian tegangan tinggi :

Mengguna Voltmeter tegangan tinggi adalah metoda yang paling dapat diandalkan untuk mengecek tagangan anoda CRT. Tegangan normalnya 24 kV.Bila terlalu rendah,periksa rangkaian tegangan tinggi atau rangkaian defleksi horizontal.Komponen-komponen yang mudah rusak adalah bagian rangkaian screen dan focus, serta diode perata tegangan tinggi yang semuanya ada dalam fly back.
Jadi, solusinya ganti fly back tersebut.
Refrensi :Di samping sebab-sebab yang telah diterangkan di atas,juga emisi CRT yang telah menurun juga merupakan penyebab; dalam hal ini kecuali gambar menjadi gelap,juga menjadi ke biru-biruan atau ke hijau-hijauan,ya itu di sebabkan oleh kehilangan keseimbangan putih atau gambar tidak focus.
Dalam keadaan ekstrim timbul pinggiran kuning atau biru pada gambar stel nuansa hitam putih.

No comments:

Post a Comment

Followers