Membuang Muatan Listrik Pada ELCO dgn Volt dan Kapasitas Besar



r050

Sesuai Sifatnya ELCO adalah komponen yang berfungsi untuk menyimpan arus listrik , muatan-muatan negatif terkumpul pada ujung metal yang satu dengan konfigurasi Negatif,sedang Muatan lainnya pada ujung metal Positif. Muatan positif tidak dapat mengalir menuju ujung kutub negatif dan sebaliknya muatan negatif tidak bisa menuju ke ujung kutub positif, karena terpisah oleh bahan dielektrik yang non-konduktif. Muatan elektrik ini tersimpan selama tidak ada konduksi pada ujung-ujung kakinya. Sehingga Ketika Ada kerusakan dijalur setelah ELCO/ Putus Beban Jalur Kutubnya pada sebuah rangkaian SMTP (Power Supply) yang lazimnya menggunakan Elko Dengan Voltase Tinggi, Maka Arus Yang tersimpan Cukup Membuat Kita Terkejut Listrik, Manakala menyentuh salah satu ujung kaki elco tersebut.
Agar Aman dalam Proses Pengerjaan, sebaiknya Muatan Tersebut dibuang terlebih Dahulu.
Untuk Membuang Muatan Arus dengan Aman, Gunakan Jack Steker Solder dengan cara Menghubungkan pada Dua buah Kaki Elco tersebut.

Jangan Khawatir, Elemen Solder Tidak akan Putus Pada Capasitas 100mf - 330mf/400v. pada indikasi Solder lebih dari Antara 35 Watt ke atas.
Untuk Lebih Amannya Lagi Buatlah seperti Ilustrasi Diatas, penggunaanya di hubungan pada kaki Elco dengan bolak-balik.
Keuntungannya, Disamping Elemen solder lebih awet, juga untuk menjaga komponen yang tidak tahan dengan
temperatur tinggi, dengan memutus saklar (posisi Off) beban listrik akan dikurangi oleh diaoda, otomatis suhu solder sedikit menurun, dan jika Enggan membuat solder semacam ini, dapat dengan Mudah didapat dipasaran, biasany berbentuk seperti Tembak/Pistol.

1 comment:

  1. Wah bagus buat servis mempercepat pekerjaan kasih y bos

    ReplyDelete

Followers