Membuat CD BOOTABLE Ke dalam USB FLASHDISK



r050

Umumnya Untuk Menginstall Windows kedalam Notebook atau Labtop booting melalui CD/DVD Drive External, Ataupun Drive CD/DVD Internal, namun jika drive tersebut tidak dalam Keadaan Prima { Rusak) untuk menginstall windows xp/vista atau windows7 cukup dengan menggunakan flashdisk bootable yang berisi file-file installasi windows. Disini Saya Pandu Anda untuk Mengubah Booting CD menjadi Booting Usb saat melakukan Installasi,
Berikut ini langkah-langkah untuk Membuat Usb Flashdisk Bootable agar dapat Menginstal Windows Xp Melalui USB dengan Menggunakan Software Flashboot yang lebih Mudah dan simple.
Sebelumnya siapkan dulu software berikut ini:
 Download software  HPUSBDisk.exe untuk memformat flashdisk.
 Download Flashboot 2.0b portable untuk mengcoppy file windows xp kedalam flashdisck untuk Booting.
Bila kedua software sudah didownload, lanjutkan langkah-langkah dibawah ini:
1. Siapkan cd installasi windows xp, atau file iso-nya jika belum punya file image(iso) silahkan lihat artikel membuat iso file dari cd/dvd windows xp.
2. Masukkan/ Tancapkan flashdisk ke komputer, ingat !! sebelumnya backup data penting didalam flashdisk, lalu jalankan program HPUSBDisk.exe untuk memformat flashdisc. Lalu formatlah flashdisk dengan software HPUSBDisk.exe. Pilih file system FAT32 untuk format flashdisk (gbr dibawah Harusnya Tampil Label FAT 32)..

3. Jalankan Flashboot 2.0b portable.exe.
4. Setelah program terbuka, klik “Next“



5. Muncul pilihan FlashBoot Main Menu, lalu klik menu CD -> USB

6. Kemudian pilih drive cd/dvroom yang sudah berisi Windows XP CD, atau pilih opsi “Image file” Jika ingin mengambil dari fileISO yang sudah dibuat  kemudian klik Next.

7. Setelah Muncul Jendela Choose Scenario, pilih  opsi Pertama yaitu Convert Windows XP/2000 Installation CD lalu klikNext kembali.

8. Kemudian pilih target drive Flashdisk milik Anda, akemudian  klik Next .

9. Pada Volume label Devaultnya Tertulis Windows XP, Anda Dapat mengganti Isi Label Tersebut Menurut Keinginan Anda dan pada file system pilih FAT32, lanjut dengan mengklik Next.

10. Lalu klik tombol “Format Now” untuk memulai proses pembuatan Windows XP Flashdisk.

11. Tunggu Hingga proses format dan copy file Windows selesai, Klik OK setelah muncul Opsi Succesfull.

Opsi Tersebut Muncul Sebagai tanda Anda Telah Berhasil Membuat Flashdisk yang Siap untuk Booting system, Artinya USB sudah Bootable, Langkah Kemudian adalah Menginstal  Windows XP dari USB flashdisk Yang Telah berhasil dibuat,
Jangan lupa sebelumnya SETTING BIOS terlebih dahulu pada BIOS PC Anda dengan Konfigurasi first  Boot pada USB agar system dapat melakukan  booting dari USB Flashdisk. Untuk memastikan atau sekedar mencoba gunakan aja Mobalive CD untuk menguji Flazhdick.
Posting ini sudah melalui test terlebih dahulu, namun untuk model tertentu, ada cara lain yang dapat Anda Baca Disini

No comments:

Post a Comment

Followers